INSPIRING

Articles

Grand Dafam Bela Ternate Mencatat Rekor Gohu Ikan Terberat

Wednesday, October 03, 2018


Ternate, 1 Oktober 2018 - Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-11 Grand Dafam Bela Ternate; disajikanlah Gohu Ikan bagi khalayak seberat 250 Kg. yang kemudian dicatat sebagai rekor oleh Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID).


Gohu Ikan yang merupakan makanan khas Ternate, berbahan dasar utama Cakalang atau Tuna, disajikan secara mentah dalam potongan sebesar dadu, kemudian diracik bersama garam dan perasan Lemon Cui (sejenis jeruk berukuran kecil, sering disebut juga jeruk ikan), beserta bumbu lainnya berupa bawang merah, Rica Nona (cabe rawit), kacang kenari dan daun Kemangi yang telah ditumis menggunakan minyak kelapa.
Untuk menghidari tertukarnya dengan Gohu dari Sulawesi Utara yang berbahan dasar pepaya muda; maka penyebutan Gohu Ikan haruslah secara lengkap.

Paulus Pangka, Direktur dan Pendiri LEPRID, dalam wawancara bersama Chef menemukan bahwa Gohu Ikan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah; tidak heran bagi warga di kawasan Maluku Utara pada umumnya hanya sedikit yang terdampak.  Rekor dari LEPRID diserahkan kepada  I Ketut Gunarta selaku pemrakarsa yang juga bertugas sebagai General Manager Grand Dafam Bela Ternate.
Dalam kesempatan yang sama, dilakukan pula penandatanganan kerja sama antara Grand Dafam Bela Ternate bersama Dinas Tenaga Kerja Kota Ternate sekaligus peresmian Dafam Learning Center di Ternate.


Penyerahan Piala, Piagam dan Medali oleh Paulus Pangka dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia.


Paulus Pangka (LEPRID) ketika mencicipi Gohu Ikan.

Para hadirin menikmati sajian Gohu Ikan oleh Grand Dafam Bela Ternate.